Sabtu, 17 Oktober 2015

Gamet Jantan dan Betina

 Spermatogenesis bermula dengan terjadinya proses pembelahan pematangan pertama dimana kromosom ayah dan ibu terbagi untuk  dua sel anak (spermatosid II) yang kemudian membelah menjadi spermatid dan melalui pembelahan pematangan kedua akan dihasilkan empat sel sperma (Rohen, 2009). Sedangkan oogenesis meliputi dua proses yaitu penggandaan oogonium dan periode pematangan dimana setelah pubertas terjadi pembentukan oosit II dan badan kutub.Pada saat spermatozoa menembus membran sel telur, sel telur masih berada di tahap oosit sekunder. Tahap ini berakhir pada saat fertilisasi yaitu dengan terbentuknya ovum dan badan kutub II (Furconita, 2002).
Spermatozoa dibentuk di dalam tubuliseminiferi yang berada di dalam testes. Bentuk spermatozoa yang sempurna adalah merupakan sel yang memanjang, yang terdiri dari kepala yang tumpul yang didalamnya terdapat nucleus atau inti, dan ekor yang mengandung apparatus untuk pergerakan sel. Pada kepala terdapat akrosom yang memiliki struktur dinding yang rangkap yang terletak diantara membran plasma bagian anterior nucleus, leher menghubungkan kepala dan ekornya(flagela) yang dibagi lagi menjadi bagian tengah, pokok, dan akhir yang bagian-bagian tersebut mempunyai struktur yang berbeda (Susilawati, 2011). Menurut Nalbandov (1990), Sel sperma yang normal terbentuk dari kepala, leher, bagian tengah, dan ekor kepala yang ditutup oleh tudung protoplasmik (galea kapitis)
      Menurut Kay (2002), Sel telur atau produksi ova merupakan ciri biologis hewan betina. Sel telur diproduksi pada organ reproduksi betina(ovarium). Bagian-bagian Sel telur (ovum) menurut Toelihere (1979), Sel telur mempunyai dua membran yang jelas, membrana vitellin dan zona pellucida. Membrana vitellin berguna untuk difusi dan pengangkutan aktif. Zona pellucida adalah suatu selaput yang homogen dan semi-permeabel. Membran ovum penting untuk perlindungan ovum maupun adsorbsi selektif terhadap ion-ion anorganik dan zat-zat metabolik. Inti sel ovum cukup besar, terletak pada suatu posisi eksentrik dan mengandung satu atau dua nuclei chromatic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's share!