Sabtu, 17 Oktober 2015

Mikroskop dan Mikrometer

Dua tipe mikroskop yang umum digunakan yaitu, mikroskop sederhana dan mikroskop gabungan. Keefektifan dari mikroskop sederhana adalah terbatas karena diantara kekurangan lainnya, kemampuannya untuk menerangi terbatas. Disisi lain, mikroskop gabungan yang terdiri dari beberapa lensa dan lebih kuat daripada mikroskop sederhana telah digunakan secara luas. Mikroskop gabungan adalah mikroskop yang memiliki tingkat ketelitian tinggi dan akurat. Fungsi utama dari mikroskop adalah memungkinkan pengamat untuk membedakan struktur dan unit kecil yang dipisahkan oleh jarak yang pendek. Mikroskop biasanya terdiri dari lensa optik, bagian pengatur mekanik, dan struktur pendukung untuk komponen lain. Lensa optik terdiri dari lensa okuler,biasanya juga terdiri dari tiga lensa objektif dengan tingkat kekuatan perbesaran yang berbeda,dan sub-bagian kondensator (Wistreich, 2003).
Mikroskop didesain baik mikroskop cahaya maupun mikroskop elektron. Pembentuk menggunakan cahaya terlihat atau sinar ultraviolet untuk menerangi objek. Mikroskop mencakup wilayah terang, wilayah gelap, dan tingkat kecerahan yang berbeda. Penggunaan dan perawatan mikroskop, selalu berhati-hati dalam memindahkan mikroskop dengan cara yang aman yaitu dengan cara tangan kanan memegang lengan mikroskop sedangkan tangan kiri memegang alas atau kaki mikroskop. Letakkan mikroskop kurang lebih 6 inchi dari sudut meja.Jangan didekatkan bersamaan dengan barang–barang lain. Jangan menyentuh lensa mikroskop dengan jari. Selalu gunakan gelas penutup saat mengamati objek penelitian yang telah ditetesi air. Sebelum meninggalkan mikroskop pastikan lensa objektif dalam keadaan perbesaran lemah seperti posisi sebelumnya. Bersihkan mikroskop setelah digunakan, dan kembalikan mikroskop pada tempat semula (Cappucino dan Sherman, 2005).
Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati objek yang berukuran sangat kecil. Ada dua jenis mikroskop berdasarkan pada memampuan objek yang diamati, yaitu mikroskop cahaya dan dimensi, mikroskop tiga dimensi(mikroskop stereo). Sedangkan berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibedakan menjadi mikroskop dimensi dan mikroskop elektron (Narusati,dkk, 2009 ).
Mikroskop elektron mempunyai pembesaran sampai 100 ribu kali. Keunggulan mikroskop ini adalah karena memiliki jarak panjang gelombang yang lebih pendek dari pada potongan cahaya putih. Mikroskop elektron mempunyai dua tipe yaitu, mikroskop scanning untuk studi detail arsitektur permeabel sel dan transmisi yang digunakan untuk mengamati detail internal sel. Mikroba berukuran sangat kecil dan untuk mengetahuinya digunakan mikroskop (Black, 2005). 
Mikrometer ada dua yaitu mikrometer objektif dan mikrometer okuler. Mikrometer objektif memiliki skala yang telah diketahui, menjadi tolak ukur untuk menentukan skala mikrometer okuler. Kalibrasi dilakukan dengan menghimpitkan skala mikrometer objektif dan okuler pada perbesaran yang diinginkan. Skala ke 0 kedua mikrometer disimpulkan menjadi satu garis kemudian dilihat pada skala ke berapa kedua jenis mikrometer tersebut bertemu atau berhimpit kembali(Benso, 2002).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's share!