Sabtu, 17 Oktober 2015

Sistem Reproduksi Hewan Jantan dan Betina


PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangbiakan melibatkan alat kelamin jantan dan betina yang ditandai oleh adanya peristiwa pembuahan (fertilisasi). Kebanyakan organisme mempunyai perbedaan yang nyata antara individu jantan dan individu betina. Alat reproduksi hewan pada dasarnya terdiri atas sel kelamin dan alat kelamin (Saktiyono,dkk, 2005).
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bereproduksi. Reproduksi berguna untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Salah satu diantaranya adalah Tikus(Rattus norvegicus) dan Kambing. Penting sekali untuk kita memahami struktur dan anatomi alat reproduksi pada Tikus(Rattus norvegicus) jantan maupun betina serta kambing jantan maupun betina.
 Dalam Praktikum kali ini Kami akan mengamati perbedaan-perbedaan yang tampak pada alat reproduksi Tikus(Rattus norvegicus) jantan maupun betina serta Kambing jantan maupun betina.
Tujuan 
Tujuan yang ingin dicapai dalam praktikum ini adalah sebagai berikut:
1. mengetahui bagian-bagian dari sistem reproduksi tikus jantan dan betina
2. mengetahui bagian-bagian dari sistem reproduksi kambing jantan dan betina

HASIL DAN PEMBAHASAN
        Alat reproduksi jantan secara garis besar terdiri dari:Testis yang berfungsi sebagai tempat produksi sperma dan hormon Testosteron. Tubulus seminiferus,menyalurkan sperma menuju vesikula seminalis. Epididimis sebagai tempat penyimpanan sperma sementara sebelum disalurkan. Penis berfungsi sebagai organ penyalur sperma ke tubuh betina,dengan kata lain sebagai organ kopulatoris (Riffiani,dkk, 2002). Sedangkan, alat reproduksi betina secara garis besar terdiri dari Ovarium sebagai penghasil sel telur(ovum) dan juga tempat produksi hormon. Tuba fallopi sebagai tempat terjadinya pembuahan dan pembentukan zigot. Uterus merupakan tempat berkembangnya calon bayi. Vagina sebagai orga kopulatoris dan saluran kelahiran bayi (Riffilani,dkk, 2002). 

 Gambar 1. Alat reproduksi tikus jantan (kiri) dan betina (kanan)
 Gambar 2. Alat reproduksi kambing betina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's share!